Rabu, 02 Maret 2022

Rahasia Dapur Penerbit Mayor

 

Bismillah, 

Saudaraku dan Sahabatku dimanapun berada semoga semua dalam keadaan baik dan sehat.

Malam ini saya terlambat membuka HP, malam ini baru bisa mengikuti belajar sudah jam 22.05, penyampaian materipun sudah selesai, saya sangat jauh tertinggal. Semoga sempet selesai membuat laporan

Menguak Dapur Penerbit Mayor

Narasumber Bapak Edi S. Mulyanta didampingi Moderator Bapak Mulyadi.

Bapak Edi, S. Mulyanta adalah seorang akademisi dan Dosen juga bekerja sebagai Publishing Consultant & e-book Development

Buku apa yang bisa bapak ibu tulis, kami sarankan mengikuti peraturan pemerintah no 75 (th 2019) yang memberikan arah pelaksanaan undang-undang perbukuan  no 3 tahun 2017
 
Penerbit-penerbit menggunakan arah peraturan pemerintah ini dalam menjalankan roda usahanya
 
 

Jenis Buku Mengikuti PP 75/19 Pelaksanaan UU 3/17 Yang Bisa Menembus Penerbit Mayor

1. PAUD DIKDASMEN

a. Teks Utama (Guru dan Siswa)

b. Teks Pendamping (Luar, dalam, lengkap) 

c. Non Teks (Pengayaan, Referensi, Panduan)

2. DIKTI

a. Teks Perti (Buku Ajar) 

b. Non Teks (Referensi, MOU/Kerjasama)

3. UMUM

a. Fiksi

b. Non Fiksi

4. BUKU LUAR 

a. Penerjemahan

b. Impor

Perkembangan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, menunjuk penerbit untuk berlomba-lomba menerbitkan buku yang mendukung literasi dasar. Sehingga peluang untuk dapat terbit menjadi semakin menarik.

Penerbit-penerbit saat ini semakin semangat untuk dapat mengisi peluang tersebut, kendala utama adalah mencari penulis dengan tema yang marketable. Apabila dipetakan, antara kualitas dan besar market akan terlihat peluang yang menarik untuk mengisi tema-tema buku yang menarik penerbit.

Ada 4 kuadran yang digunakan oleh penerbit dalam menentukan buku tersebut layak terbit atau tidak di dasarkan pada keilmiahan dan besar market. Kuadran yang menarik bagi penerbit adalah buku yang punya market besar, dan tentunya diimbangi dengan kualitas yang ideal walaupun cukup sulit mencari kuadran buku yang ideal.
Kendala utama untuk terbit adalah keterbatasan modal penerbit, sehingga penerbit akhirnya memberikan syarat-syarat dan saringan untuk dapat mendapatkan naskah yang mendukung industrialisasi buku tetap berjalan.
Penerbit biasanya akan melakukan scouting, atau pencarian tema dan penulis, dan tentunya bekerjasama dengan team riset pemasaran untuk menentukan tema apa yang masih dapat diserap pasar. Penerbit, tidak dapat mengesampingkan data pasar buku di Indonesia, sehingga data pemasaran ini sangat penting untuk memberikan arah haluan ke mana produksi buku dapat dikembangkan lebih lanjut
Team riset pemasaran akan memberikan data awal kemana outlet yang menguntungkan, meskipun saat ini masih dalam situasi pandemi.
 
Kemana Buku di Pasarka di Saat Pandemi?
👉Toko Buku +/- 20 % Gramedia, Toga Mas, Pasar Tradisional
👉Market Place Online +/- 20% Bukalapak, Shopee, Bibli, dll
👉Direct Selling dan Pameran +/-
👉Captive Market(BOS, Proyek, Pengadaan, Arkin Perpustakaan Sekolah, Daerah, Pusat)
👉E-Book +/- kunjungi buku digital.my.id

Team pemasaran memberikan arah prosentase daya serap pasar saat ini. Bapak ibu bisa melihat terbitan kami dalam format digital di bukudigital.my.id


Ini salah satu karya hasil dari Belajar menulis secara Solo

Contoh terbitan format digital di http://bukudigital.my.id/

Materi di open 20% sehingga dapat bapak ibu pelajari outline buku, judul buku, pembagian per babnya, dan lain-lain

Karya-karya yang telah terbit sehingga memudahkan memberi arah tema buku apa yang kira-kira cocok dengan kompetensi bapak ibu sekalian.

Contoh tampilan di Google Books

Silakan praktikan untuk menulis bab-perbab, struktur buku, struktur kalimat, hingga paragraf.

Tulislah Perencanaan Naskah 

Untuk ditawarkan ke penerbit, dengan cara ATM  yang sangat populer Amati, Tiru, dan Modifikasi..

Konsep dasar pembiayaan penerbitan buku Mayor?

Penerbit Mayor biasanya mempunyai dana untuk memilih terbitan buku yang menjadi sasarannya, sehingga semua biaya produksi hingga pemasaran dilakukan oleh penerbit tersebut.Adalah penerbitnya yang membiayai, jika tulisann sesuai dengan misi dan visi penerbit. Karena banyaknya buku yang ditolak penerbit, akhirnya penerbit memberikan skema lain dalam penerbitannya. Misalnya dibiayai oleh penerbitnya sendiri, baik melalui skema dana pribadi, CSR Perusahaan, Dana Penelitian Daerah, Dana Sekolah dll.

Trik yang dapat digunakan dan cukup mujarab adalah menulis berbarengan dengan pembiayaan gotong royong antar penulis. Banyak plus minus nya apabila menulis keroyokan, terutama angka kredit yang kecil karena dibagi beberapa penulis

Konsentrasi penulis adalah di Materi yang otentik, dan unik.Penerbit akan membantu dalam hal Pembahasaan dan Penyajian.

Kesimpulan

Penerbit adalah lembaga yang mencari profit, dan mempunyai idealisme dalam menerbitkan buknya sesuai dengan visi misinya. Penulis dapat mengikuti idealisme penerbit dalam menghasilkan buku yang akan dinikmati oleh pembacanya. Kirimkan usulan penerbitan buku, supaya ide Anda dapat ditangkap penerbit dan disebarluaskan ke pembaca.

Trik/Cara meningkatkan rasa percaya diri bahwa buku kita akan dilirik di toko buku  yang paling mujarab adalah: Tulislah apa yang menjadi passion  Kalau sesuai kompetensi dan kesenangan bapak ibu secara otomatis rasa percaya diri akan timbul.

Cara mengelela % dari harga buku agar harga buku itu dianggap murah tapi tidak merugikan penulis?Harga buku dihitung dari jenis kertas, ketebalan, hingga finishingnya. Untuk harga konten biasanya tidak dihitung. Untuk mencapai harga murah, biasanya jumlah eksemplar cetak diperbanyak sehingga lebih efisien dan efektif. Jadi semakin banyak jumlah eksemplar akan semakin murah buku tersebut.

 Cara agar menarik dan mudah belajar Bahasa Mandarin,  Secara umum belajar bahasa adalah belajar bersosialisasi, sehingga memerlukan jam praktik  yang cukup panjang tidak hanya teoritis saja.

Tema yang sedang di cari Penerbit Mayor


 Bila Persyaratan tidak sesuai dengan Penerbit Mayor

Cetak dengan biaya sendiri. teknologi cetak saat ini sudah mencapai taraf yang disebut Book On Demand (BOD) sehingga jumlah buku cetak tidak harus massal di atas 300 eksemplar, akan tetapi bisa di custemize jumlahnya. Akan tetapi prinsip harga buku berbanding jumlah eksemplar, jadi semakin sedikit eksemplar akan semakin sedikit mahal


Teruslah berusaha, usaha tidak akan menghianati hasil

9 komentar:

AKU DAN 2 SAHABATKU Oleh Nuryani

  AKU DAN 2 SAHABATKU Oleh Nuryani Bismillah, Salam sehat dan bahagia untuk, semua saudara, sahabat, dan teman-temanku dimanapun s...