Rabu, 08 Desember 2021

BERBAGI PRAKTIK BAIK LITERASI DIGITAL

Assalamu'alaikum, dan salam sehat semuanya.

Alhamdulillah tak terasa hari ini sudah pertemuan ke-17 kali  di Pelatihan Guru Motivator Literasi Digital melalui Media Sosial ini. Oh ya, Bagaimana kabar semua saudara dan teman-teman di manapun sedang berada? Semoga semua selalu dalam keadaan sehat wal afiat. Aamiin.

Materi hari ini adalah Berbagi Praktik Baik Literasi Digital yang akan disampaikan oleh Narasumber kita Ibu Maria Magdalena Sumakul dan Moderator cantik Ms. Phia. Mari kita simak bersama! 

Maria Magdalena Sumakul saat ini mengajar Komputer di SMP Tarakanita 5 Jakarta Selatan, SD Tarakanita 1 dan SD Karakter, Seorang penulis buku anak berbasis TIK dan kreator game. Maria telah menulis sederet buku informatika yaitu : Buku Coding, ‘Saya Bisa Coding’ Level 1, 2, 3, 4; Buku Panduan Guru & Orang Tua Untuk SD / MI, dan Buku Informatika SD/MI Kelas 4, 5 & 6 Penerbit Andi Jogja.

Perlu kita ketahui untuk saat ini tahun 2021 penggunaan internet di Indonesia adalah sangat besar, begitu juga dengan pengguna ponsel. Data terbaru yang dirilis oleh We Are Social dan Hootsuite pada Februari 2021. Dalam laporan tahunan berjudul Indonesia Digital Report 2021 informasi, dan memanfaatkannya 

 Data Pengguna Internet di Indonesia


Sedangkan Aktifitas Masyarakat Pengguna Internet

 

Setelah kita melihat data di atas ternyata begitu besarnya aktifitas kegiatan masyarakan di atas begitu besar, maka kita akan pelajari tentang liteasi digital.

 

Apa Yang Dimaksud Literasi Digital?

Literasi Digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan internet dalam menemukan/mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya. Literasi digital merupakan pengetahuan dan  kecakapan  dalam memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi, jaringan internet dan lain sebagainya. 

Manfaat Literasi Digital

1. Menambah wawasan individu, kegiatan mencari dan memahami informasi.

2. Meningkatkan kemampuan individu untuk lebih kritis dalam berpikir serta memahami informasi.

3.  Menambah penguasaan ‘kosa kata’ individu, dari berbagai informasi yang dibaca.

4.  Meningkatkan kemampuan verbal individu.

5.  Literasi digital dapat meningkatkan daya fokus serta konsentrasi individu.

6. Menambah kemampuan individu dalam membaca, merangkai kalimat serta menulis informasi

Hubungan Literasi Digital dengan Dunia Pendidikan

Literasi digital mampu mengembangkan dunia pendidikan. Literasi digital yang semakin baik akan membuka akses terhadap informasi yang lebih luas. Dengan cara ini, kualitas sektor pendidikan dapat ditingkatkan.

Relevansi Lterasi Digital Pada Pembelajaran di Masa Pandemi

Menurut Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, atau Mas Mentri Nadiem Anwar Makarim mengungkapkan bahwa pemanfaatan teknologi mampu mengakselerasi transformasi pendidikan dan mendorong lompatan kemajuan khususnya di masa pandemi Covid-19.

Syarat wajib yang harus dipenuhi yakni pemanfaatan teknologi secara tepat sasaran dan kecakapan digital. Kecakapan digital mencakup kemampuan dalam mengelola dan memanfaatkan sumber-sumber digital secara bijak.

 Relevansi Literasi Digital dalam Pada Pembelajaran di Masa Pandemi

Kenapa Literasi Digital harus diajarkan dalam Dunia Pendidikan?

Karena dekatnya anak-anak dengan media sosial rentan terhadap pengaruh negatif. Kemudian dengan pemahaman literasi digital juga bisa mencegah terjadinya cyber bullying atau phising atau penipuan dengan berkedok iming-iming di dunia digital. “Inilah yang perlu diedukasikan kepada anak-anak kita.

 Contoh Literasi Digital di Sekolah

1.  Komunikasi dengan guru atau teman menggunakan media sosial.

2.  Mengirim tugas sekolah lewat e-mail.

3.  Pembelajaran dengan cara online, yakni lewat aplikasi ataupun web.

4.  Mencari bahan ajar dari sumber tepercaya di internet.

 Contoh Literasi Digital di Rumah

1. Melakukan penelusuran dengan menggunakan browser. 

2. Mendengarkan musik dari layanan streaming resmi.

3. Melihat tutorial memasak dari internet.

4.  Menggunakan laptop yang tersambung ke internet untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan.

 Tujuan Pembelajaran Literasi Digital di Sekolah

1. Meningkatkan kapasitas guru untuk menyajikan pembelajaran yang menarik bagi siswa melalui pemanfaatan media digital;

2.  Mengintegrasikan kompetensi dasar dalam pembelajaran untuk meningkatkan kecakapan digital; dan

3.  Menumbuhkan karakter baik melalui pemanfaatan media digital dengan mengutamakan etika dan norma sosial

 Manfaat Pembelajaran Literasi Digital Bagi Siswa

1. Meningkatkan kemampuan siswa untuk lebih kritis dalam berpikir serta memahami informasi.

2. Menambah penguasaan 'kosa kata' siswa, dari berbagai informasi yang dibaca.

3Meningkatkan kemampuan verbal siswa.

   .4. Literasi digital dapat meningkatkan daya fokus serta konsentrasi siswa.

CONTOH UNTUK SEKOLAH DASAR

                Praktik Baik Terintegrasi dengan Mapel

Mata Pelajaran : Informatika/Komputer

Kelas                : I, IV, dan V

Nama Guru      : Maria Sumakul

Nama Sekolah  : SD Tarakanita 1 Jakarta Selatan

 

 


      Contoh

Untuk di sekolah kami, yang sudah dipraktikkan di Pendidikan Anak Usia Dini, yaitu di TK Negeri Pembina 1 Tarakan adalah:

1. Pengenalan Warna

2. Pengenalan Bentuk

3. Pengenalan Ukuran

4. Pengenalan Huruf

5, Pengenalan Angka

6. Puzzle

7. Maze (Mencari Jejak Sederhana)






 Terima Kasih

 

 

 



5 komentar:

  1. Mohon Tinggalkan Pesan dan Terima Kasih Atas Kunjungannya

    BalasHapus
  2. Lengkap sekali Bu. Kalau saya hanya ambil beberapa yang menjadi minat saya saja... Luar biasa Bu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggeh Pak terima kasih banyak atas kunjungan nya, semoga selalu sehat dan sukses selalu ya Pak Francisco

      Hapus
  3. semangat terus bu sudah semakin oke

    BalasHapus

AKU DAN 2 SAHABATKU Oleh Nuryani

  AKU DAN 2 SAHABATKU Oleh Nuryani Bismillah, Salam sehat dan bahagia untuk, semua saudara, sahabat, dan teman-temanku dimanapun s...